Minggu, 03 Mei 2015

Siklus Hidup Produk Citra dari PT. Unilever

Saya akan mengambil contoh siklus hidup produk Citra :
1.Tahap Perkenalan (Introduction)
Citra adalah merek lokal di Indonesia yang mempunyai visi untuk menjadi merek perawatan kulit lengkap yang memberikan kecantikan alami secara keseluruhan. Selama 30 tahun, Citra sudah berevolusi dan melahirkan berbagai inovasi untuk menjaga komitmennya dalam memahami serta memenuhi kebutuhan wanita Indonesia yang menginginkan kulit cantik terawat yang sehat. 1984 – 1994 Citra pertama kali dikenal oleh wanita Indonesia pada tahun 1984.

2. Tahap Pertumbuhan (Growth)

Di awal kehadirannya, Citra cukup identik dengan kandungan Mangir, yang merupakan warisan dari rahasia kecantikan puteri keraton Jawa. Dengan berbagai varian produknya seperti sabun batang, cleansing foam, serta body lotion, Citra menjaga kelembaban kulit agar tetap halus,lembut, dan kuning langsat. 1995 – 2004 Pada masa ini, Citra mulai meremajakan diri dan menyasar pangsa pasar yang lebih muda. Kesan tradisional yang dahulu sangat melekat, mulai perlahan tergantikan sesuai perkembangan zaman. Dengan menghadirkan varian baru yang mengandung bengkoang, Citra mencerahkan kulit wanita Indonesia. 2005 – KINI Untuk memenuhi kebutuhan wanita Indonesia modern yang beragam, Citra menghadirkan formula baru yang terinspirasi dari rahasia kecantikan Asia. Kandungan seperti Beras Jepang, Royal Jelly Korea, Bubuk Mutiara Cina, Goji Berry, Teh Hijau Jepang, Rumput Laut Jepang dan Bunga Anggrek Korea yang secara turun temurun dipercaya dapet merawat kecantikan wanita, kini hadir dalam rangkaian perawatan Citra.

3. Tahap Pematangan/Pendewasaan (Maturity)
Berjalannya waktu diiringi perkembangan teknologi, produk Citra makin banyak pesaing dengan produk-produk serupa yang bermunculan di Indonesia. Akan tetapi produsen Citra mampu bertahan dengan selalu mengeluarkan produk yang lebih inovasi strategis yang berkaitan dengan konsumennya agar visi dan misi dapat terarah dengan baik.
Memahami Wanita Indonesia
Pada tahun 2006, Citra mempunyai dua misi yaitu:
Misi pertama, Citra menginginkan Merek Perawatan Kulit Lengkap yang tercermin dari jajaran produk perawatan kulit Citra yang sudah ada. Untuk Perawatan Tubuh, Citra memiliki
1)      CITRA HAND & BODY LOTION

1.      CITRA LIGHT TOUCH WHITE (Wakame Jepang)

Citra percaya alam memberikan yang terbaik untuk perawatan kulit perempuan Indonesia. Seperti Wakame, rumput laut Jepang yang dipercaya mengandung nutrisi pencerah kulit dengan tekstur yang ringan dan menyegarkan. Kini Citra meluncurkan Citra Japanese Wakame gel lotion pertama di Indonesia untuk mencerahkan kulit dan menyerap super cepat tanpa sisa rasa lengket. Sangat cocok pada suhu tropis. Gunakan Citra Japanese Wakame gel lotion dan buktikan gelnya cepat menyerap dan segar di kulit.
2.      CITRA ADVANCED WHITE (Minyak Almond & Alpukat)
Sinar matahari mengandung UVA & UVB yang dapat membuat kulitmu kusam, gelap dan kering serta menyebabkan penuaan dini. Untuk itu, kulit membutuhkan perlindungan agar tetap cantik meski terpapar sinar matahari. Dengan SPF 20 dan PA++ yang melindungi kulit dari UVA & UVB, serta almond essence dan alpukat yang membuat kulitmu menjadi tampak cerah, halus dan lembut. Citra memperkenalkan, Citra Advanced White Baru, yang baik untuk menjaga kulitmu dari efek buruk sinar matahari setiap hari. Rawat terus kulitmu dan nikmati kulit cantik terlindungi.
3.      CITRA LASTING WHITE UV (Bengkoang & Susu)
Citra Lasting White UV lotion dengan Bengkoang & Susu untuk kulit tampak putih merata. Tahukah Anda? Bengkoang oleh masyarakat Indonesia dikenal dapat membuat kulit tampak lebih putih , Bengkoang juga mengandung vitamin A, B1, C, Mineral. Susu diperkaya dengan Vitamin A & D , susu juga membantu melembabkan kulit dan membuat kulit terasa lembut. Dengan UV A & UV B protection yang melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Vitamin Pencerah kulitnya dikenal membantu membuat kulit tampak putih merata.

4.      CITRA NIGHT WHITENING (Mulberry & Minyak Biji Anggur)

Tahukah Anda? Minyak Biji Anggur merupakan salah satu rahasia kecantikan yang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu untuk membuat kulit tampak muda dan terasa lembut. Kini, Citra memadukan 2 bahan alami berkhasiat dalam Citra Night Whitening. Minyak Biji Anggur dikenal mengandung Antioksidant untuk merawat kulit dipadu Ektrak Mulberry yang dikenal membantu membuat kulit tampak lebih putih. Lotion ini di formulasikan khusus di saat Anda tidur pada malam hari, untuk kulit tampak muda, cerah dan terasa halus.

5.      CITRA YOUTHFUL RADIANCE (Goji Berry Himalaya & Madu)

Citra Youthful Radiance lotion dengan Madu dan Goji Berry Himalaya, untuk kulit tampak muda, terasa kencang dan berseri. Tahukah Anda? Madu dan Goji Berry dari pegunungan Himalaya dikenal telah digunakan dari generasi ke generasi untuk menjaga keremajaan kulit. Ekstrak buah Goji Berrynya dikenal membantu memperlambat kulit berubah menjadi kusam dan tua terlalu dini. Madunya dikenal sebagai pelembab alami. Vitamin Pencerah kulitnya dikenal membantu membuat kulit tampak cerah.

6.      CITRA LASTING GLOW (Mangir Jawa & Minyak Zaitun)

Citra Lasting Glow lotion dengan Mangir Jawa dan Minyak Zaitun, untuk kulit terasa lembut dan bercahaya. Tahukah Anda? Mangir Jawa dikenal telah digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh para Puteri Keraton agar kulit terasa lembut dan bercahaya. Diperkaya dengan Minyak Zaitun yang dikenal mengandung nutrisi untuk melembabkan kulit. Lotion ini cepat meresap ke dalam kulit untuk melembabkan bahkan pada bagian kulit yang kering sekalipun. Mangir alaminya dikenal dapat menampilkan kulit yang tampak lebih bercahaya.

7.      CITRA FRESH RADIANCE (Teh Hijau Jepang & Daun Mint)

Lindungi kulit cantikmu dari radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menjadikannya tampak kusam. Nikmati Citra Fresh Radiance yang memadukan Daun Mint untuk sensasi dingin dengan khasiat Teh Hijau Jepang yang kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas, menjaga kulitmu agar tetap sehat dan cerah.

8.      CITRA PEARLY WHITE UV (Bubuk Mutiara Cina & Bunga Lotus Salju)

Miliki kulit cantik alami yang putih dan berkilau dengan rahasia kecantikan Permaisuri Cina dari generasi ke generasi. Citra Pearly White UV memadukan dua bahan alami untuk menjaga kulit cantikmu: 1. Bubuk Mutiara Cina alami yang dikenal dapat membuat kulit tampak cerah. 2. Kandungan antioksidan dari bunga Lotus Salju yang dikenal dapat melawan efek buruk lingkungan yang membuat kulit tampak kusam. Dengan UVA & UVB protection, menjaga kulitmu tetap tampak putih berkilau.

9.      CITRA SPOTLESS WHITE UV (Beras Jepang & Minyak Bunga Camelia)

Citra Spotless White UV dengan Beras Jepang dan Minyak Bunga Camellia untuk kulit tampak putih alami dan menyamarkan noda. Beras Jepang kaya akan antioksidan dan dikenal dapat menghaluskan dan membuat kulit tampak putih. Minyak Bunga Camellia dikenal dapat merawat dan membuat kulit terasa lembut. Perpaduan UV protection nya (UVA & UVB) membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat mengakibatkan terbentuknya noda hitam dan warna kulit yang tidak rata.

10.  CITRA NOURISHED RADIANCE UV (Royal Jelly Korea & Yoghurt)


Kulit putih yang tampak indah belum tentu ternutrisi luar dan dalam. Perkenalkan, Citra Nourished Radiance UV yang memadukan 2 bahan alami terbaik yang merawat kulitmu dari luar dan dalam. Royal Jelly Korea yang merupakan salah satu bahan pelembab terbaik dari alam yang melembabkan dari luar*. Citra Nourished Radiance UV dengan Yoghurt untuk membuat kulit terasa lembut dan tampak putih. Taklukkan dunia dengan kulit putih yang indah dan bernutrisi. *Sampai pada lapisan epidermis

1)      CITRA LIQUID SOAP

1.      CITRA LASTING WHITE (Bengkoang & Susu)

Citra Lasting White Body Wash dengan Bengkoang, untuk kulit cerah alami. Tahukah Anda? Bengkoang alami dikenal telah digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh para Puteri Keraton agar kulit mereka tampak putih alami dan senantiasa bercahaya. Sabun cair ini membersihkan dan mempercantik kulit Anda. Kandungan Antioksidannya dkenal dapat melawan efek buruk lingkungan.

2.      CITRA PEARLY WHITE (Bubuk Mutiara Cina)

Citra Lasting Pearly White Body Wash baru dengan Bubuk Mutiara Cina, untuk kulit tampak cerah seperti mutiara. Tahukah Anda? Bubuk Mutiara alami dari Cina telah dipercaya oleh para Permaisuri Kerajaan Cina dari generasi ke generasi untuk membuat kulit tampak cerah seperti mutiara. Sabun cair ini membersihkan dan mempercantik kulit Anda. Kandungan antioksidannya dkenal dapat melawan efek buruk lingkungan.

3.      CITRA SPOTLESS WHITE (Beras Jepang & Minyak Bunga Camelia)


Citra Spotless *White Body Wash dengan Beras Jepang dan Minyak Bunga Camellia untuk kulit tampak cerah dan terasa halus. Beras Jepang merupakan bahan alami yang menjadi rahasia perempuan Jepang sejak dahulu untuk mengangkat sel kulit mati, menjadikan kulit terasa halus dan tampak cerah. Dengan kandungan Beras Jepang, bahan alami yang dikenal untuk membantu menghaluskan dan membuat kulit tampak cerah. *Spot diasosiasikan sebagai debu/kotoran & tumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit.

1)      CITRA BODY SCRUB

1.      CITRA LASTING WHITE (Bengkoang)

Citra yang merupakan produk perawatan kulit yang mengambil inspirasi dari warisan perawatan kecantikan tradisional wanita Indonesia pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1984. Pada tahun 1994, Citra menambah rangkaian body lotionnya dengan meluncurkan varian Citra White yang mengandung Bengkoang dan dikenal dapat membuat kulit tampak putih alami. Inovasi Citra terus berlanjut, dan pada tahun 2003 Citra memperkenalkan rangkaian lengkap perawatan kulit dengan meluncurkan body wash, body scrub, face cleanser dan juga Citra Hazeline yang merupakan face moisturizer.
Sementara itu, untuk Perawatan Wajah, Citra memiliki:
2)      CITRA HAZELINE MOISTURIZER

1.      CITRA PINK ORCHID

Mempersembahkan energi mencerahkan dari anggrek pink yang mekar di sisi pegunungan Korea. Bunga yang mengandung manfaat mencerahkan dengan rona alami, kaya dengan mineral dan antioksidan, untuk kecantikan wanita Indonesia. Dengan bahan alami bunga Anggrek Pink dari Korea (Korean Pink Orchid), diciptakan khusus untuk wanita Indonesia. Memberikan wajah cerah merona alami, lembut bersinar.

2.      CITRA SPOTLESS WHITE GLOW UV (Beras Jepang & Teh Hijau)

Citra Spotless White Glow UV dengan perpaduan Beras Jepang yang dipercaya wanita Jepang dapat menghaluskan kulit dan membantu menyamarkan noda, bekas jerawat dan ekstrak Teh Hijau, yang dikenal kaya akan antioksidan untuk membantu membuat kulit senantiasa sehat dan berseri dari dalam. Dengan UVA dan UVB protection yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat mengakibatkan terbantuknya noda hitam dan kulit kusam. Gunakan Citra Spotless White Glow UV secara teratur untuk kulit tampak putih berseri alami dan bebas noda.

3.      CITRA HAZELINE LASTING COOL SNOW

Citra Hazeline Lasting Cool Snow moisturizer dengan Hydromoisturiser ( H2O) untuk kulit terasa lembut dan segar. Citra Hazeline Lasting Cool Snow moisturizer, krimnya begitu putih menjaga kesegaran kulit Anda. Hydromoisturisernya merawat dan melembutkan kulit, dengan oil free formula menjadikan kulit Anda tetap segar tak berminyak. Penampilan Anda tetap selalu cantik, segar dan ceria tak berminyak.
3)      CITRA FACE CLEANSER

1.      CITRA HAZELINE PEARLY WHITE

Citra Hazeline Pearly White UV moisturizer dengan Bubuk Mutiara Cina Alami yang dikenal dapat membuat kulit tampak putih secantik mutiara. Tahukah Anda? Bubuk Mutiara telah dipercaya oleh para Permaisuri Kerajaan Cina dari generasi ke generasi untuk membuat kulit tampak putih alami. Pelembab wajah ini merawat kulit dari dalam* untuk kulit tampak cerah secantik kilau mutiara. Dengan UV protection membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan bintik hitam dan kulit gelap. *sampai lapisan epidermis.

2.      CITRA SPOTLESS WHITE GLOW UV (Beras Jepang & Teh Hijau)

Citra Spotless White Glow UV dengan perpaduan Beras Jepang yang dipercaya wanita Jepang dapat menghaluskan kulit dan membantu menyamarkan noda, bekas jerawat dan ekstrak Teh Hijau, yang dikenal kaya akan antioksidan untuk membantu membuat kulit senantiasa sehat dan berseri dari dalam. Dengan UVA dan UVB protection yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat mengakibatkan terbantuknya noda hitam dan kulit kusam. Gunakan Citra Spotless White Glow UV secara teratur untuk kulit tampak putih berseri alami dan bebas noda.

3.      CITRA PINK ORCHID

Mempersembahkan energi mencerahkan dari anggrek pink yang mekar di sisi pegunungan Korea. Bunga yang mengandung manfaat mencerahkan dengan rona alami, kaya dengan mineral dan antioksidan, untuk kecantikan wanita Indonesia. Dengan bahan alami bunga Anggrek Pink dari Korea (Korean Pink Orchid), diciptakan khusus untuk wanita Indonesia. Memberikan wajah cerah merona alami, lembut bersinar. Cuci wajah dengan Citra Pink Orchid Facial Foam dua kali sehari untuk mendapatkan hasil optimal

Citra akan terus menciptakan inovasi strategis yang berkaitan dengan konsumennya.
Misi kedua, Citra ingin membantu wanita Indonesia menyeimbangkan pikiran dan tubuh mereka. Citra sadar bahwa wanita Indonesia memiliki peran ganda dalam menjalani hidup dan ada permintaan tinggi dari masyarakat untuk wanita ini untuk menjalankan peran mereka. Dengan memiliki keseimbangan pikiran dan tubuh, wanita dapat memainkan peran dengan lebih baik dan hal ini akan membawa ke hubungan harmonis dengan masyarakat. Berdasarkan semua alasan ini, Citra meluncurkan varian wewangian aromaterapi, karena manfaat aromaterapi sudah dikenal luas untuk membantu mengendurkan ketegangan panca indra dan menenangkan pikiran dan tubuh.

Untuk mendukung kedua misi tersebut di atas, Citra meluncurkan aktivasi Rumah Cantik Citra (RCC). RCC adalah rumah spa untuk merasakan seluruh produk Citra dalam merawat dan mempercantik tubuh dan jiwa.

Merek kecantikan warisan Indonesia
Citra diketahui sebagai merek kecantikan dengan bahan-bahan alami dari warisan kuat budaya Indonesia, dan telah beredar di Indonesia selama lebih dari 20 tahun. Citra dikenal pertama kali sebagai merek Hand & Body Lotion tetapi beberapa tahun belakangan ini telah memperluas merek ke segmen lain seperti Sabun Cair, Body Scrub, Pembersih Wajah dan Pelembab Wajah. Konsumen sasaran Citra adalah wanita berusia 15 hingga 35 tahun yang ingin menjadi modern tanpa melupakan norma-norma sosial Indonesia. Mereka juga percaya pada kandungan yang baik untuk merawat kulit mereka yang terdapat dalam produk perawatan kulit alami. 
Tahukah anda
  • Citra telah ada di pasar produk perawatan kulit Indonesia sejak tahun 1984.
  • Citra terbuat dari bahan-bahan alami Indonesia dengan warisan kuat budaya Indonesia.
  • Selama beberapa tahun terakhir, Citra telah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar Hand & Body Lotion di Indonesia.
Inovasi
Salah satu misi Citra 2006 adalah menjadi Merek Perawatan Kulit Lengkap. Untuk mendukung misi ini, Citra telah meluncurkan berbagai inovasi seperti:
  • Pada bulan Februari 2006, Citra meluncurkan kembali varian Citra Hand & Body Lotion (Citra Bengkoang White Lotion, Citra Teh Hijau Beauty Lotion dan Citra Mangir Beauty Lotion) dan meluncurkan Citra Sabun Cair (Citra Bengkoang White Milk Bath dan Citra Teh Hijau Refreshing Bath).
  • Inovasi terbaru pada bulan Juli 2006 adalah Citra Body Scrub (Citra Bengkoang White Body Scrub dan Citra Teh Hijau Refreshing Body Scrub) yang secara efektif membersihkan kotoran dari kulit dan melepaskan sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak bersih dan segar.
Citra akan terus melakukan inovasi  terhadap produk-produk perawatan kulit dengan meluncurkan produk-produk yang berhubungan dengan wanita Indonesia.
Fakta-fakta utama
  • Selama beberapa tahun terakhir, nilai dan volume Citra terus tumbuh. Pertumbuhannya didukung oleh inovasi yang berkaitan dengan konsumen Citra.
  • Citra yang terus berkomitmen untuk menggali wawasan konsumen dan menciptakan inovasi berdasarkan wawasan  telah dianugerahi hadiah ini. Ini tercermin dari berbagai penghargaan yang diraih Citra dalam tiga tahun belakangan ini secara berturut-turut, antara lain Indonesian Best Brand Awards dan Indonesian Consumer Satisfaction Award.
  • Menurut Majalah SWA, dalam pasar Hand & Body Lotion, Citra memiliki indeks loyalitas tertinggi. Berdasarkan temuan ini, Citra memperoleh Indonesian Consumer Loyalty Awards pada tahun 2006.
  • Pada tahun 2006, Citra meluncurkan Aktivasi Rumah Cantik Citra yang merupakan rumah spa semi permanen untuk merasakan sepenuhnya produk-produk Citra untuk merawat dan mempercantik jiwa.
4. Tahap penurunan (Decline)
Pada tahap ini merupakan ancaman bagi produk Citra karena banyak pesaing yang memunculkan produknya dengan menyesuaikan perubahan kegiatan pesaing, seperti yang kita ketahui pada zaman sekarang ini banyak wanita yang bekerja dari pagi hingga malam. Sehingga mereka tidak mempunyai waktu untuk merawat dan memanjakan kulit disalon. Tentunya mereka harus mampu merawat kulitnya dengan baik, melalui cara/alternatif yang lain. Nah.. para pesaing ini memanfaatkan keadaan perubahan kegiatan tersebut dengan memunculkan produk yang mampu merawat kulit pada siang dan malam hari terutama kulit bagian wajah. Perubahan kegiatan ini sempat memundurkan produk Citra ini karena pada awalnya produk ini terkenal hanya pada hand and body lotion. Tetapi citra dapat mempertahankan nama produknya agar tetap dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan mengeluarkan produk yang dapat digunakan pada area wajah bahkan bukan hanya wajah, tetapi Citra juga mengeluarkan banyak produk yang dapat digunakan diseluruh kulit tubuh wanita. Citra juga selalu melakukan inovasi pada setiap produknya.
Sosial
Tips
  • Pemakaian lotion yang baik adalah dari bawah keatas. Sebaiknya dimulai dari pergelangan kaki menuju ke tubuh atas.
  • Setelah terkena sinar matahari dan polusi sepanjang hari dapat merusak kulit. Di malam hari kulit butuh bantuan ekstra untuk memperbaiki dirinya dengan Citra Night Whitening.
Sumber :
  

1 komentar: